Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Januari 2012

Tips Mengatasi Bullying

Mungkin kita pernah mendengar kata bully, seperti yang tertuang dalam lirik lagunya smash yang berjudul senyum semangat. Pengertian Bullying sendiri merupakan tindakan diskriminasi dari lingkungan terhadap seseorang, yang mengakibatkan gangguan psikis, fisik maupun mental.


Tindakan bullying seperti ledekan, fitnah, ancaman, maupun kekerasan yang membuat target menjadi ketakutan. Adanya bullying biasanya di sebabkan karena adanya faktor x atau ada yang berbeda antara si-korban dengan yang lingkungan, alasannya bisa karena si korban baik sementara lingkungannya kurang baik atau alasan lain sebagainya. Oleh karena itu saya akan memberikan tips bagaimana supaya kita terhindar dari aksi bullying, inilah dia tips menghindari aksi di bully:
1. Sikap Penampilan
Perhatikan semua bahasa tubuh kamu seperti gaya bicara, gaya berjalan dan lain sebagainya sehingga terlihat cool oleh orang lain. Kemudian jadilah orang yang tegas karena menandakan seperti orang yang kuat. Jangan sekali-kali menunjukan kelemahan kamu terhadap orang lain, seperti menangis, terlihat sedih, pucat, lemes dan lain sebagainya sehingga jadi sasaran empuk untuk di bully.
2. Cari Teman yang Kuat
Carilah lingkungan yang baik dan bagus untuk perkembangan hidup kamu seperti ekskul disekolah. Hal demikian supaya kamu memiliki pertemanan yang memiliki kecocokan dengan kamu, bisa membuat kamu nyaman dan tentunya ada yang membela kamu saat kamu di bully. Terlebih lagi kegiatan yang kamu ikuti adalah dari kegiatan belajar bela diri, sehingga kamu akan tampak disegani oleh orang-orang yang sering membully kamu itu.
3. Ambil Tindakan
Masalah kamu adalah tergantung kamu. Beri ketegasan kepada mereka untuk tidak lagi membully kamu. Sekali-kali berikan pelajaran yang membuat mereka kapok. keberanian ada di dalam diri kamu, jangan pernah ngerasa takut dengan apapun selain Allah SWT.
4. Bicarakan Kepada Orang Tua Kamu atau Guru Kamu
Jangan simpan masalah seorang diri, bicarakan terhadap orang-orang yang sekiranya kamu percayai bisa menangani masalah kamu dan bisa menjaga rahasia. Jangan takut dibilang pengadu, kamu hanya meminta pendapat dari orang tua kamu or guru kamu, lagian yang banci tuh mereka kali karena mainnya keroyokan. Orang tua atau guru perlu tahu masalah kamu, karena takut terjadi hal-hal yang yang tidak di inginkan. 
5. Siapkan Alat Bukti
Sebelum kamu melaporkan kejadian bullying yang menimpa kamu tentunya meski ada bukti yang menguatkan sehingga ada yang mempercayai kamu. Alat bukti tersebut bisa dengan menyediakan alat rekam baik dari handphone, MP4, pensil video atau alat perekam kejadian lainnya yang bisa mendokumentasikan aksi bullying yang menimpa kamu.
6. Blokir Akun FB Provokator
Putuskan komunikasi dengan orang-orang yang menjadi provokator membully kamu. Usahakan para provokator tidak mengetahui semua kegiatan kamu sehingga gak ada bahan buat mereka ngebully. Hal tersebut bisa seperti memblokir akun Fb or twitter dan lain sebagainya yang menjadi biang keladi kamu di bully, sehingga orang lain tidak terpengaruh untuk mendukung provokator membully kamu.
7. Pandai Bergaul
Harus sangat selektif di awal siapa-siapa saja yang menjadi teman dekat kita, karena yang membahayakan adalah orang terdekat. Ada istilah Elang hidup sendiri Bebek hidup berbondong-bondong. Kedua hewan tersebut masing-masing sangat nyaman dengan kehidupannya sendiri. Hal tersebut karena ada kelebihan dan kekurangan, seperti Elang yang hidup sendiri tapi pintar memangsa karena pergerakannya cepat, penciumannya tajam dan bisa terbang di atas. Setiap orang beda karakter dan jalan hidup, jadi meski fokus dengan yang dimiliki dan jalan hidup sendiri. Walau selektif tapi tetap berusaha memperluas pergaulan karena kita mahluk sosial. Percayalah kalo orang baik walau temannya sedikit tapi orang-orangnya baik dan berkualitas.
8. Tunjukan Prestasi
Apabila kamu berprestasi atau ada yang di banggakan dari kemampuan kamu, biasanya banyak orang yang kagum dan mendekat terhadap kamu. Sehingga orang yang membully akan merasa segan untuk menjadikan anda targetnya, karena akan banyak orang yang membela atau membantu anda.
9. Tetap Berada di Posisi yang Benar
Usahakan jangan kepancing emosi baik mulut atau sikap anda kepada yang membully. Lebih baik anda menjauhinya atau diam menghiraukannya selama hanya sekadar omongan bukan sikap yang membahayakan keselamatan fisik. Kalo hanya ucapan jelek toh orang2 akan menilai buruk kepada yang ngomongnya aza. Jaman sekarang apapun akan di permasalahkan di hadapan hukum apabila melakukan kekerasan fisik seperti ringan tangan, entah itu kita berada di posisi yang benar sekalipun. Oleh karena itu kuncinya meski bisa menahan sabar demi kebaikan sendiri.
Demikian tips bullying dari saya,  walau tidak 100% ampuh tapi mudah-mudahn bisa membantu kamu. Jangan menjadi orang lain karena di bully, keep be your self karena setiap orang terlahir unik sehingga meski bijak akan perbedaan.
Rujukan : CnS Magazine Edisi: Agustus-September 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih yah sudah berkomentar di Blog Anggis