Pages

Subscribe:

Selasa, 03 Januari 2012

Tips Menjadi Penyiar Radio

Semula saya berasumsi untuk menjadi penyiar radio itu sangat mudah dan menyenangkan, ketawa-ketawa,  cuman modal ngomong, duduk santai dan dengerin musik doang...

Tapi pas nyoba wah capek banget karena sebelumnya meski nyaipin konsep, ngatur alatnya beribet, bikin mood enak,, pokoknya susah deh,,,tips ni sangat sederhana berdasarkan pengalaman sendiri jadi penyiar, ikut kursus dan baca bukunya..Tips Menjadi Penyiar Radio:
1. Cara berbicara
Artikulasi meski jelas, bermain intonasi, ekspresif, empati,  komunikasi dua arah atau libatkan pendengar entah disapa atau saat bertelpon,belajar humor menyegarkan untuk didengar, dan bersikap ramah saat berbicara seperti yang tersenyum.
2. Menambah Wawasan
Carilah berbagai informasi yang up to date baik musik, olahraga, gaya hidup, film, politik dan lain sebagainya untuk diinformasikan kepada pendengar. Jadi terkesan menjadi penyiar yang profesional memberikan pengetahun yang tidak hanya asal ngomong aza. Infromasi bisa dicari di majalah, internet, buku atau sumber media lainnya, lebih bagus beritahukan sumbernya dari mana kepada pendengar.
3. Menjalin Kerja Sama
Dunia broadcast sangat kompetitif, tapi tatkala disandingkan dengan penyiar lain dalam satu program kamu lepaskan semua egomu untuk menjadi yang terbaiksama di acara itu sendirian. Meski kerja sama saling share untuk menyukseskan program acara di radio yang dibawakan bersama itu. Di jamin deh kalau udah kompak pasti bakal enak bawainnya bahkan sampai hebih sehingga menambah fans atau pendengar di acara berduet itu.
4. Mampu Menggunakan Peralatan
Alat yang ada di radio antara lain Komputer, pemancar, mixer, heandphone, telepeon, equalizer dan lain-lain. Makanya meski mandiri, biasanya awal2 baru jadi penyiar dan hanya di radio lokal semua pekerjaan hanya dilakukan seorang diri.
5. Keterampilan Memilih Musik
Rata-rata yang mendengarkan radio ingin mendengarkan radio adlah untuk mendengarkan musik yang lebih bervariatif, karena kalau hanya sekedar ingin mendengarkan musik bisa di komputer,mp3 rumahnya. oleh karenanya pasang selalu musik yang lagi hit, news, barat-lokal or yang lama pernah hits juga putar dong..Oh yah jangan lupa terlalu banyak omong nanti pendengar pada bosan dan langsung mindahin ke radio lain lagi.
6. Punya Karakter
Kamu meski punya karakter yang mengenalkan pribadi kamu kepada pendengar, entah humoris, cerewet, ngondek, maskulin, lemah gemulay,,atau apalah. Berbanggalah pada diri sendiri jangan menirukan gaya orang lain. contoh kalau kamu orangnya cool terus membawakan acara dangdut, yah bawalah semuanya dengan gaya cool kamu gak usah meniru gaya orang lain pada biasanya. Atau contoh lainnya membawakan lagu-lagu daerah di siang hari, kalau kamu karakternya bisa berbahasa daerah yang kurang halus, ceplas ceplos, yah pakailah gaya kamu, gak usah ikut2an yang lain lemah lembut sehingga biki ngantuk pendengarnya. Jadilah diri sendiri, biar enak membawakannya karena keluar dari hati sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih yah sudah berkomentar di Blog Anggis