Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Januari 2012

Tips Menjadi Seorang Reporter Televisi


Menjadi seorang reporter televisi menurut saya pekerjaan yang menyenangkan, selain muka kita ada di televisi kita juga bisa berpindah-pindah tempat. Akan tetapi resikonya pun sangat berat apabila kita dikirim ke lokasi konflik atau bencana alam yang bisa membahayakan kita. Selain itu jadwalnyapun kurang begitu teratur karena dimana ada kejadian disana tugas seorang reporter untuk meliputnya. Berikut tips sederhana dari saya untuk menjadi seorang reporter:
1. Menulis Berita
Dalam Menulis berita perlu memerlukan empat hal, yaitu: objektif, akurat, balance dan penting. Adapun pedoman dasar untuk mengembangkan sebuah berita adalah 5W+1 H.
2. Mengetahui Jenis Reportase
Jenis reportase ada yang formal dan informal, yah kamu harus bisa menyesuaikan bagaimana membawakannya.
3. Depan Kamera
Meski belajar sering berbicara di depan kamera biar tidak kaku, dan anggap kamera adalah teman baik kamu. Perhatikan tekhnik vokal meski terkesan jelas, tegas, tidak terburu-buru dan berinonasi sehingga enak di dengarkan.
4. Menangani Narasumber
Tugas utama pas di lokasi adalah mencari informan yang mengetahui tentang semua kejadian yang kita liput atau pihak yang sangat berkaitan dengan sumber berita yang akan kita liput. Tatkala saat wawancara muka kita hadapkan kepada nara summber jangan kepada kamera. Perhatikan penuh narasumber saat diwawancarai supaya terkesan diperhatikan. Apabila informan menangis biarkan sebentar untuk tenang dan segera tanyakan kembali jangan merasa terlalu iba sehingga berita sulit didapatkan. Buatlah empati kalau perlu ikut menangislah dengan nara sumber akan tetapi jangan sampai melupakan tugas kita meliput berita dengan seakurat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih yah sudah berkomentar di Blog Anggis