Pages

Subscribe:

Rabu, 04 Januari 2012

Tips Menjadi Mc

MC atau Master of Ceremony adalah orang yang dipercaya untuk membawakan suatu acara. Oleh karena itu MC sangat bertanggung jawab atas jalannya suatu acara. Mc dipercayakan oleh panitia atau pemilik acara berdasarkan konsep dan kerja keras mereka mempersiapkan acaranya.
Oleh karena itu tugas MC yang begitu berat saya akan berbagi tips dari pengalaman sendiri sebagai Mc maupun dari workshop dan kursus yang pernah diikuti:
1.  MC
Meski serba tahu seluruh konsep acara, rundown atau susunan acaranya, oleh karena itu salinglah berkomunikasi terkait acara kepada panitia. 
2. Tunjukan Profesionalitas
Datanglah 30 menit atau bahkan dua jam sebelum acara dimulai untuk cek sound system, kostum, penguasaan panggung dan barangkali ada informasi terkini tentang acara dari panitia dan lain sebagainya. Sehingga pihak panitia merasa tenang kalau kita Mc sudah ada di tempat.
3. Tunjukan Keterampilan
Kalau kita punya keahlian lain untuk menghibur audiens seperti menyanyi, sulap, nglawak musik atau sbelumnya tampilkanlah sebagai bonus, tapi ijin dulu kepada panitiannya.
4. Sebelum Perfom
Senyumlah kepada semua audiens pas pertama memasuki audiens untuk menangkan diri dan terlihat lebih friendly.
5. Membawakan Cara
Bawakanlah acara kita dengan karakter kita yang natural tetapi sesuaikan dengan jenis acara formal atau semi formal. Jika formal tentunya jangan meski serius sedangkan semi formal kita bisa banyak berimprovisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasih yah sudah berkomentar di Blog Anggis